Jumat, 18 Januari 2008

guru-guru ajaib..

gw baru ada masalah minggu ini, makanya baru semangat nulis ini hari ini, tapi gw udah bisa dapet cahaya terang skarang..
kisah mengenaskan itu, terjadi begitu buruk, lebih buruk daripada beranak dalam kubur.. tapi gw ga bisa nyeritan..
waktu itu, gw bener2 bagaikan orang gembel nasional yang dikenal karena sikap gw yg uring2an menandakan gw abis keseruduk busway..
Tapi cahaya perlahan-lahan dateng ke gw.. gw mendapatkan wejangan yg ga bs gw lupain, dari guru BK gw, Bu Kuntum, sama guru Biologi, bu Marliza. knp Bu Kuntum Ngajar BK? karena namanya kalo disingkat dari "Bu Kuntum", jadi "BK".... (ngerti ga? gw jg ngga..). Kalo Bu Marliza, knp ngajar biologi? karena nama "MARLIZA", mirip dg "MARKISA", markisa itu kan tumbuhan, jadi dia ngajar biologi!! (kayanya alesanya gag gitu deh..).
wejangan sakti yg pertama gw dapet adalah dari bu Marliza, dia orangnya pake kacamata, agak tembem, kalo ngajar dia suka bawa tuyul buat nakutin anak2 (baca: anaknya). waktu dia ngajar, gw lagi bengong sendiri di kelas. tanpa sadar, gw gatau dia lagi ngomong apa, tapi kata2 ini sangat spesial begitu gw dengerin dia...

"Kalau hati berjalan sebelum pikiran, maka perasaan akan berjalan dengan baik. Tapi, apabila pikiran berjalan sebelum hati, maka perasaan takkan sejalan.."

......
gw diem. kata2 itu, entah kenapa sangat berarti buat gw waktu itu, apa karna gw dirasukin anaknya, atau knp gw gatau, itu jadi mulihin perasaan gw....... yah, untuk sementara..

selanjutnya, gw uring2an lagi, gw heran, gw ngrasa ini ga bisa diselesein, sebelum gw dapet wejangan ala BK, waktu pas pelajaran MTKnya wali kelas gw yang "baby face" itu, Sri Hartati, gw masih uring2an, gw ngliatin bu Sri sambil naro kepala gw di meja, lama2 suara Sriti terdengar seperti kicauan burung.. (burung suaminya kali).
trus item..
item..
gw gak liat pa2, tiba2 gw sadar kalo ge tidur, keplakan Sriti di kepala gw membangunkan gw dari tidur.. dia megang botol aqua yg ada air putihnya (yaiyalah, masa air kencing?). gw kira dia mau pergi kerja sambilan nyuci sapi, ternyata dia mau nyiram gw...... hebat yah...

pulangnya, ini dia... gw ketemu sama Bu Kuntum yg bawa tas pinknya di tangan, dia terlihat mau manggil angkot, gw dateng dengan tampang udah-kagak-tidur-5 bulan. trus gw salamin dia, dia liatin muka gw, trus terjadilah percakapan..

Bu Kuntum: "kamu kenapa mar?" layaknya seorang kekasih, dia bertanya ama gw.
Gw: "gpp kok bu" Bu Kun perhatian bgt.
Bu Kuntum: "jangan bo'ong, keliatan tau dari muka kamu!"
Gw: "eh, keliatan ya?" gw trus ketawa garing, mungkin gw terlihat seperti anak dg ibu yg telalu cepat punya anak.

Bu kuntum: "kamu lagi sedih?"
Gw: "eh, ya, marah juga bu"

Bu kuntum masih belom nanya alesanya.

Bu kuntum: "iya, kamu keliatan banget lagi mendem sesuatu, kamu mau nangis?"

gw malu, sebenernya gak sih.

Gw: "ya enggaklah bu, selain malu sama orang lain, saya kan juga malu ama diri sendiri, lagian..."
gw diem bentar...

Bu kuntum ngomong, "takut dibilang gak jantan?"

yah.. itu jg si bu, tapi gw ga jawab

"gapapa lagi, kalo mau nangis, nangis aja di kamar, ibu juga gitu, kalo ditahan, bisa2 kamu kena penyakit, jadi gila, karna kamu ga bisa nahan emosi kamu, atau ngga, kamu coba cari cara terbaik buat kamu...."
gw diem, muncul angkot 05 di hadapan kita be2, Bu Kuntum dadah2 ke gw, dia naik angkot itu dan pergi dari hadapan gw..

dan ajaibnya, semua masalah gw berakhir hari itu..

Tidak ada komentar: